PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MENULIS BERDASARKAN STRATEGI 3W2H UNTUK SMA KELAS XI

Heksari, Karina (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MENULIS BERDASARKAN STRATEGI 3W2H UNTUK SMA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KARINA HEKSARI_11201241039.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunanaan buku ajar untuk pembelajaran menulis kelas XI di SMA selama ini; (2) mengetahui cara mengembangkan buku ajar menulis berdasarkan strategi 3W2H untuk SMA Kelas XI; (3) mengetahui kelayakan buku ajar menulis berdasarkan strategi 3W2H yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall yang telah disederhanakan menjadi tiga langkah, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan pembuatan produk, (3) pengembangan produk. Tahap pengumpulan informasi dilakukan dengan wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia. Pada tahap pengembangan meliputi tahap penyusunan, uji validasi, respons siswa, dan penyempurnaan produk. Uji validasi dilakukan oleh satu orang ahli materi dan tiga orang guru Bahasa Indonesia. Penilaian siswa dilakukan oleh tiga puluh orang siswa Kelas XI. Data hasil validasi dan respons siswa yang diperoleh berasal dari angket penilaian dengan skala Likert. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, buku pembelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan di SMA terbatas. Belum ada penggunaan buku ajar khusus keterampilan menulis yang diintegrasikan dengan strategi tertentu. Kedua, Buku Ajar Keterampilan Menulis Berdasarkan Strategi 3W2H untuk SMA Kelas XI yang dikembangkan terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir. Bagian awal berisi sampul, kata pengantar, dan daftar isi. Bagian isi terdiri dari 5 unit pelajaran menulis dalam satu tahun ajaran Kelas XI. Bagian akhir berisi glosarium dan daftar pustaka. Ketiga, adapun hasil uji validasi dari ahli materi, guru Bahasa Indonesia, dan respons siswa menunjukkan bahwa aspek isi memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,89 dengan kelayakan 77,93% berkategori “baik”; aspek penyajian memperoleh rata-rata skor 4,05 dengan tingkat kelayakan 81% berkategori “baik”; aspek bahasa memperoleh rata-rata skor 4,09 dengan tingkat kelayakan 81,8% berkategori “baik”; dan aspek kegrafikaan memperoleh rata-rata 4,05 dengan tingkat kelayakan 81% berkategori “baik”. Secara keseluruhan, buku ajar yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 4,02 dengan tingkat kelayakan 80,4% berkategori “baik” dan dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 21 Jan 2016 05:09
Last Modified: 30 Jan 2019 06:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29151

Actions (login required)

View Item View Item