ASPEK-ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BIOLOGI SMA KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KECAMATAN PRAMBANAN

Budiastuti, Oktafiyani (2015) ASPEK-ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BIOLOGI SMA KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KECAMATAN PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Oktafiyani Budiastuti.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam keterampilan proses sains yang muncul dalam LKS Biologi Kelas X, mengetahui kemunculan keterampilan proses sains dalam LKS Biologi Kelas X yang berdasarkan Kurikulum 2013 dan untuk mengetahui arah penerapan keterampilan proses sains yang terdapat dalam LKS Biologi Kelas X termasuk dalam keterampilan proses sains dasar atau keterampilan proses sains terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi. Sasaran yang dituju yaitu keterampilan proses sains yang terdapat dalam Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Biologi Kelas X yang digunakan oleh guru dan siswa di SMA wilayah Kecamatan Prambanan. Penelitian dilakukan di Kecamatan Prambanan pada bulan September 2014. Data diperoleh dari justifikasi tiga orang panelis. Instrumen digunakan untuk mengidentifikasi kemunculan keterampilan proses sains dalam LKS Biologi berupa lembar penilain. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan keterampilan proses sains muncul kecuali keterampilan proses sains terpadu pada aspek membuat grafik atau diagram dan mendeskripsikan hubungan antar variabel. Kemunculan keterampilan proses sains dalam LKS Biologi Kelas X yaitu keterampilan proses sains dasar mengamati, mengkomunikasi, dan mengklasifikasi yang muncul sebesar 34,37%, sedangkan untuk keterampilan proses sains terpadu yaitu mengumpulkan dan mengolah data yang muncul sebesar 31,25%, menganalisis hasil penelitian yang muncul sebesar 25% serta melakukan percobaan yang muncul sebesar 28,12%. Arah penerapan keterampilan proses sains yang muncul dalam LKS lebih mengarah kepada keterampilan proses sains dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKS Biologi, Kurikulum 2013, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 21 Jan 2016 05:09
Last Modified: 30 Jan 2019 06:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29150

Actions (login required)

View Item View Item