ANALISIS RAGAM KESULITAN BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Anggriani, Ristavia Fajar (2015) ANALISIS RAGAM KESULITAN BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ristavia Fajar Anggriani.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ragam kesulitan yang dialami siswa SMA Negeri 10 Yogyakarta kelas XI Semester 2 tahun ajaran 2014/2015 dalam mempelajari materi keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan manusia dan (2) faktor-faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa SMA Negeri 10 Yogyakarta kelas XI Semester 2 tahun ajaran 2014/2015 dalam mempelajari keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ragam kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mempelajari materi sistem pernapasan adalah hasil tes prestasi belajar dan hasil tes IQ, sedangkan data faktor-faktor kesulitan belajar siswa dihimpun dengan menggunakan teknik observasi, dan kuesioner serta wawancara. Instrumen yang digunakan berupa hasil tes prestasi belajar, lembar observasi, dan lembar angket serta lembar pedoman wawancara. Validitas instrumen penelitian ini dilakukan dengan mengkonsultasikan butir-butir instrumen yang telah disusun kepada ahli (judgment experts). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mempelajari materi sistem pernapasan dapat dilihat ketika siswa tidak dapat mengerjakan atau mencapai prestasi yang semestinya. Siswa diprediksi (predicted) dapat mencapai suatu prestasi, namun ternyata tidak sesuai dengan kemampuannya sehingga siswa mengalami kegagalan, oleh karena itu ragam kesulitan siswa berada pada kelompok under archievers. Faktor- faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi sistem pernapasan meliputi faktor kesulitan yang berasal dari siswa seperti kesiapan dan kebiasaan belajar yang cukup menghambat siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Ragam kesulitan, Sistem pernapasan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 21 Jan 2016 05:08
Last Modified: 30 Jan 2019 06:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29149

Actions (login required)

View Item View Item