HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, PELAKSANAAN, DAN KONTINUITAS PELAKSANAAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) DENGAN DENSITAS LARVA Aedes spp DI DESA KRAKITAN, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN

Nihayah, Husnatun (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, PELAKSANAAN, DAN KONTINUITAS PELAKSANAAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) DENGAN DENSITAS LARVA Aedes spp DI DESA KRAKITAN, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Husnatun Nihayah.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan, pelaksanaan dan kontinuitas pelaksanaan PSN dengan densitas larva Aedes sp di Desa Krakitan, Kec. Bayat, Kab. Klaten. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasi, populasinya adalah seluruh rumah di Desa Krakitan yang maksimal berjarak 400 meter dari Rowo Jombor, dengan besar sampel 20 rumah menggunakan teknik sampel Stratifield Random Sampling. Variabel independennya adalah pengetahuan PSN (X1), pelaksanaan PSN (X2), kontinuitas pelaksanaan PSN (X3) dan variabel dependennya adalah densitas larva Aedes spp (Y). Instrumen yang digunakan adalah lembar check list, cidukan dan saringan untuk mengambil sampel larva, mikrofotografi serta buku identivikasi nyamuk untuk mengidentifikasi larva yamuk, kemudian hasilnya di uji dengan menggunakan uji Rank Spearman dengan = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil sebagian besar responden memiliki pengetahuan PSN yang baik tapi tidak baik pada aspek pelaksanaan PSN ataupun kontinuitas pelaksanaan PSN. Hasil uji Spearman pada aspek pengetahuan menunjukkan nilai ! = 0,599 dimana nilai koefisien korelasi (rs) = 0,125. Hal ini menunjukkan !>0,05 sehingga H0 diterima artinya tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan populsi larva Aedes sp. Hasil analisis pada aspek pelaksanaan menunjukkan ! 0,011<0,05, yang artinya terdapat hubungan yang cukup signifikan dan nilai rs = - 0,557 yang menunjukkan kedua varibel tersebut memiliki korelasi sedang. Sementara pada aspek kontinuitas pelaksanaan menunjukkan hasil ! 0,000<0,05, yang berarti terdapat hubungan yang sangat signifikan dan nilai rs = - 0,752 yang berarti kedua variabel memiliki korelasi tinggi. Tanda (–) pada nilai rs pelaksanaan dan kontinuitas berarti bahwa penurunan pelaksanaan atau kontinuitas pelaksanaan PSN akan diikuti oleh peningkatan densitas larva Aedes spp dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pelaksanaan, kontinuitas pelaksanaan, Pemberantasan Sarang Nyamuk
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 21 Jan 2016 05:07
Last Modified: 30 Jan 2019 06:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29148

Actions (login required)

View Item View Item