PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BERDASARKAN STRATEGI PORPE UNTUK SISWA SMK DAN MAK KELAS X

Nasriah, Sri (2016) PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BERDASARKAN STRATEGI PORPE UNTUK SISWA SMK DAN MAK KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SRI NASRIAH_11201241002.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran awal guru tentang sikap awal perencanaan pengembangan buku ajar keterampilan membaca, dan untuk mengetahui manfaat buku ajar yang digunakan oleh guru pada keterampilan membaca, serta untuk mengatahui pengalaman awal siswa menggunakan buku ajar keterampilan membaca sebagai buku pegangan siswa dalam proses kegiatan belajar- mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu 10 tahapan dari Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi lima tahapan yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan pembuatan produk, (3) validasi produk, (4) revisi produk, (5) desiminasi terbatas. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan lembar validasi. Data hasil observasi dan wawancara dianalisis degan teknik analisis data kualitatif sedangkan analisis pada angket maupun lembar validasi langkah-langkahnya meliputi: mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif, tabulasi semua data yang diperoleh pada sub komponen, menghitung skor rata-rata, dan mengubah skor rata- rat menjadi kategori. Hasil penelitian ini berupa Buku Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Pendekatan PORPE untuk Siswa SMK dan MAK Kelas X. Buku ajar tersebut terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi dan bagian tambahan. Bagian pendahuluan terdiri dari sampul, kata pengantar, Standar isi 2013 KI dan KD membaca jenjang SMA Kelas X, dan daftar isi. Bagian isi terdiri dari 5 unit pelajaran yaitu (1) memahami teks anekdot, (2) memahami teks eksposisi, (3) memahami teks laporan hasil observasi, (4) memahami teks prosedur kompleks, (5) memahami teks negosiasi. Sementara itu bagian tambahan buku pembelajaran ini berupa, latihan soal-soal, contoh langkah-langkah memahami teks dengan strategi PORPE, glosarium, dan daftar pustaka. Hasil validasi dosen ahli, guru, dan respon siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Nilai rata-rata skor yang diperoleh, yaitu aspek isi adalah 4,56 dengan tingkat kelayakan 91,2 %, aspek penyajian memperoleh skor rata-rata 4,61 dengan tingkat kelayakan 92,2 %, aspek kebahasaan adalah 4,72 tingkat kelayakan 94,4%, dan aspek kegrafikaan memperoleh skor rata-rata 4,72 tingkat kelayakan 94,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku ajar, keterampilan membaca, strategi PORPE
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 21 Jan 2016 05:06
Last Modified: 30 Jan 2019 06:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29147

Actions (login required)

View Item View Item