Peningkatan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Ambon melalui Pembelajaran PPKn dengan Media Cerita Rakyat

Sapulette, Marlyen sharly (2016) Peningkatan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Ambon melalui Pembelajaran PPKn dengan Media Cerita Rakyat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-marlyen-sharly-sapulette-13705251031.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan karakter siswa sesudah menggunakan media cerita rakyat melalui pembelajaran tematik PPKn “Keindahan Alam Negeriku dan Indahnya Peninggalan Sejarah”. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri16 Ambon tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 34. Tindakan yang mengunakan media cerita rakyat melalui pembelajaran PPKn ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Berdasarkan pelaksanaan tindakan kelas, diperoleh hasil tindakan siklus I dan siklus II yaitu melalui lembar observasi, angket dan tes minat dengan menggunakan beberapa aspek sebagai berikut. Pada Siklus I, skor untuk masing-masing pernyataan pada aspek kejujuran yaitu selalu sebesar 48, sering sebesar 83, jarang sebesar 26, dan tidak pernah sebesar 13. Aspek toleransi yaitu selalu sebesar 57, sering sebesar 75, jarang sebesar 29, dan tidak pernah sebesar 13. Aspek disiplin yaitu selalu sebesar 67, sering sebesar 86, jarang sebesar 12, dan tidak pernah sebesar 5. Aspek kerja keras yaitu selalu sebesar 42, sering sebesar 62, jarang sebesar 20, dan tidak pernah sebesar 12. Aspek tanggung jawab yaitu selalu sebesar 33, sering sebesar 55, jarang sebesar 31, dan tidak pernah sebesar 17.Tes minat yaitu selalu sebesar 116, sering sebesar 157, jarang sebesar 35, dan tidak pernah sebesar 32. Pada Siklus II, skor untuk masing-masing pernyataan pada aspek kejujuran yaitu selalu sebesar 56, sering sebesar 87, jarang sebesar 27, dan tidak pernah sebesar 0. Aspek toleransi yaitu selalu sebesar 68, sering sebesar 79, jarang sebesar 23, dan tidak pernah sebesar 0. Aspek disiplin yaitu selalu sebesar 75, sering sebesar 83, jarang sebesar 12, dan tidak pernah sebesar 0. Aspek kerja keras yaitu selalu sebesar 35, sering sebesar 78, jarang sebesar 23, dan tidak pernah sebesar 0. Aspek tanggung jawab yaitu selalu sebesar 26, sering sebesar 68, jarang sebesar 42, dan tidak pernah sebesar 0. Tes minat yaitu selalu sebesar 118, sering sebesar 167, jarang sebesar 55, dan tidak pernah sebesar 0. Dari hasil tindakan penelitian kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan karakter siswa kelas IV SD Negeri 16 Ambon melalui pembelajaran PPKn dengan menggunakan media cerita rakyat, yang dapat dilihat bahwa adanya peningkatan karakter dan minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PPKn, peningkatan karakter, dan media cerita rakyat
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jan 2016 02:27
Last Modified: 09 May 2019 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29145

Actions (login required)

View Item View Item