Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya, Media Televisi Terhadap Karakter Siswa SMP Negeri 25 Purworejo Tahun 2014/2015

Susanto, Albertus Agung Vidi (2016) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya, Media Televisi Terhadap Karakter Siswa SMP Negeri 25 Purworejo Tahun 2014/2015. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-albertus-agung-vidi-susanto-12705251019.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua, pergaulan teman sebaya, media televisi terhadap karakter siswa SMP Negeri 25 Purworejo tahun 2014/2015. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini digolongkan dalam penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 25 Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simplerandom sampling. Sampel berjumlah 100 yang diambil dari kelas VII dan VIII dan dipilih dengan cara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik angket atau questioner dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan (1) Pola asuh orang tua memberikan pengaruh sebesar 16,30 % terhadap karakter siswa SMP Negeri 25 Purworejo. (2) Pergaulan teman sebaya memberikan pengaruh sebesar 70,04 % terhadap karakter siswa SMP Negeri 25 Purworejo. (3) Media televisi memberikan pengaruh sebesar 24,60 % terhadap karakter siswa SMP Negeri 25 Purworejo. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh pergaulan teman sebaya lebih dominan dalam karakter siswa SMP Negeri 25 Purworejo dibandingan pengaruh pola asuh orang tua dan media televisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut perlu adanya peningkatan pengawasan, bimbingan dan pendampingan terhadap siswa baik ketika berada di rumah, di sekolah ataupun di lingkungan masyarakat. Orang tua dalam mengasuh anaknya lebih memberikan curahan kasih sayang, perhatian, dan banyak mendengarkan anak agar anak lebih terbuka. Kerjasama yang bagus antara orang tua, guru dan juga masyarakat di sekitar dalam tumbuh kembang anak agar menjadi siswa yang berkarakter mulia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, pergaulan teman sebaya, media televisi, karakter siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 21 Jan 2016 02:28
Last Modified: 07 Apr 2016 10:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29144

Actions (login required)

View Item View Item