Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK

Kustitik, Kustitik (2015) Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kustitik-13702251053 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat penilaian autentik yang tepat untuk mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK, dan (2) mengetahui karakteristik perangkat penilaian autentik mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi delapan langkah pengembangan. Langkah pengembangan tersebut yaitu studi pendahuluan, perencanaan produk, pengembangan produk, uji coba terbatas, revisi, uji coba lapangan, revisi akhir, dan diseminasi produk. Desain uji coba produk meliputi: validasi produk, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini yaitu peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Sewon Bantul semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan penilaian produk oleh validator. Instrumen pengumpulan data yang adalah lembar validasi produk. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dengan metode korelasi Spearman, korelasi Pearson, dan Iteman untuk mengetahui daya beda butir soal. Peninjauan validitas isi menggunakan validitas isi Aiken dan peninjauan konsistensi antar rater dengan Intraclass Correlation Coefficient. Hasil penelitian ini berupa (1) seperangkat penilaian autentik yang terdiri dari perangkat penilaian sikap berupa penilaian observasi sikap spiritual, penilaian observasi sikap sosial, penilaian diri dan penilaian teman sebaya, perangkat penilaian pengetahuan berupa tes tertulis dan penilaian penugasan, dan penilaian keterampilan berupa penilaian unjuk kerja; dan (2) perangkat penilaian autentik mata pelajaran prakarya dan kewiraushaan dinyatakan memenuhi kriteria valid dan reliabel secara empiris, dan memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian ahli dan praktisi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat penilaian autentik, prakarya dan kewiausahaan, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jan 2016 02:28
Last Modified: 08 Sep 2022 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29143

Actions (login required)

View Item View Item