Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren dalam Pembelajaran IPS di MTs Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta

Umam, Ahmad Nasrul (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren dalam Pembelajaran IPS di MTs Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Slideshow
SKRIPSI 11416241047.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui persepsi guru dan kiai tentang pendidikan karakter berbasis pesantren; 2) implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren di MTs Wahid Hasyim; dan 3) implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren dalam pembelajaran IPS di MTs Wahid Hasyim. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru IPS dan peserta didik di MTs Wahid Hasyim. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) para guru dan kiai memiliki perspektif yang hampir sama tentang pendidikan karakter berbasis pesantren. Pendidikan karakter berbasis pesantren dipandang sebagai usaha mendidik para peserta didik/santri dengan nilai-nilai pesantren melalui berbagai kegiatan dan peraturan dengan tujuan membentuk peserta didik agar berakhlak mulia dan dapat melaksanakan nilai-nilai karakter pesantren dalam kesehariannya; 2) Implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren di MTs Wahid Hasyim dilaksanakan melalui penggunaan berbagai metode pembelajaran, keteladan, kegiatan pembiasaan kepada peserta didik, pengontrolan dan pemantauan kepada peserta didik; dan 3) Implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren dalam pembelajaran IPS di MTs Wahid Hasyim dilaksanakan pada kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Impelementsi pendidikan karakter berbasis pesantren dalam perencanaan pembelajaran terdapat pada proses penyusunan RPP, silabus, dan pemilihan nilai karakter yang akan diimplementasikan, implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren dalam pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan melalui materi pelajaran, penggunaan berbagai metode pembelajaran kepada peserta didik dan penyampaian secara langsung kepada peserta didik dengan menghubungkan materi dan nilai-nilai karakter pesantren. Kegiatan penilaian dan evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter berbasis pesantren dilaksanakan melalui kegiatan pengamatan oleh guru yang diaksanakan setiap kegiatan pembelajaran terhadap setiap aspek sikap yang kemudian diakumulasikan. Kata Kunci: Pendidikan karakter berbasis pesantren, Pembelajaran IPS, MTs Wahid Hasyim

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Jan 2016 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 06:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29128

Actions (login required)

View Item View Item