PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MEMBACA BERDASARKAN STRATEGI PANDUAN ANTISIPASI UNTUK SMA/SMK KELAS XI

Rosita, sita (2015) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MEMBACA BERDASARKAN STRATEGI PANDUAN ANTISIPASI UNTUK SMA/SMK KELAS XI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ROSITA_11201241009.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan gambaran awal penggunaan buku ajar membaca kelas XI di SMK Negeri 1 Bantul, (2) mengetahui desain pengembangan buku ajar membaca berdasarkan strategi panduan antisipasi untuk SMA/SMK kelas XI, (3) mendeskripsikan kelayakan buku ajar membaca berdasarkan strategi panduan antisipasi untuk SMA/SMK kelas XI yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan desain penelitian Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan pembuatan buku ajar, (3) uji validasi produk, (4) revisi produk, (5) uji coba produk. Data diperoleh melalui wawancara, lembar validasi, dan angket. Data hasil wawancara dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, sedangkan analisis lembar validasi dan angket langkah- langkahnya meliputi: mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif, tabulasi semua data yang diperoleh pada tiap aspek, menghitung skor rata-rata, dan mengubah skor rata-rata menjadi kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada penggunaan buku ajar khusus dengan keterampilan membaca di SMK. Semua guru masih menggunakan buku ajar yang memuat semua kompetensi berbahasa dan belum pernah menggunakan buku ajar khusus yang memuat satu kompetensi berbahasa yang diintegrasikan berdasarkan suatu strategi. Adapun hasil validasi buku ajar dari ahli materi, guru Bahasa Indonesia, dan penilaian siswa menunjukkan bahwa aspek kelayakan isi memperoleh rata-rata skor 3,92 berkategori “baik” dengan tingkat kelayakan 78,4%, aspek kelayakan penyajian memperoleh rata-rata skor 3,80 berkategori “baik” dengan tingkat kelayakan 76,0%, aspek kelayakan bahasa, memperoleh rata-rata skor 3,99 berkategori “baik” dengan tingkat kelayakan 79,8%, dan aspek kegrafikan memperoleh rata-rata skor 3,86 dengan kategori “baik” dengan tingkat kelayakan 77,2%. Secara keseluruhan buku ajar memperoleh rata-rata skor 3,89 berkategori “baik” dengan tingkat kelayakan 77,8% dan dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku ajar, keterampilan membaca, strategi panduan antisipasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29118

Actions (login required)

View Item View Item