PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH PRO CS5 PADA PEMBELAJARAN MENULIS ULASAN FILM UNTUK SISWA SMA KELAS XI

Nurliansyah, Armada (2015) PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH PRO CS5 PADA PEMBELAJARAN MENULIS ULASAN FILM UNTUK SISWA SMA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash Pro CS5 untuk materi teks menulis ulasan film. Peneliti memilih aplikasi Adobe Flash Pro CS5 karena memungkinkan untuk membuat media pembelajaran interaktif yang terdiri dari fitur yang lengkap sehingga media yang dikembangkan mampu melibatkan indera penglihatan dan pendengar siswa secara aktif sehingga proses penyerapan materi dalam pembelajaran lebih efektif dan maksimal. Prosedur penelitian yang dilakukan mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi enam tahap yang di antaranya adalah sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft; (4) validasi; (5) revisi; dan (6) uji coba produk terbatas.Pada tahap pengambilan data dalam penelitian ini, dilakukan validitas ahli media, ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta dengan mengumpulkan data berupa angket penilaian. Analisis yang dilakukan yaitu dengan mengubah data kuantitatif ke dalam data kualitatif dengan menggunakan konversi skala 4. Hasil penelitian dan pengembangan tersebut adalah perangkat multimedia pembelajaran dalam bentuk CD yang berisi file .exe, swf, dan .html yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber belajar dan alat bantu pembelajaran. Kelayakan media pembelajaran tersebut sesuai dengan hasil validasi. Berdasarkan validasi ahli materi, penilaian aspek kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh ahli materi memiliki rata-rata 2,3 atau sebesar 68,7% dan termasuk dalam kategori “layak” dan pada aspek penyajian data yang dilakukan oleh ahli materi memiliki nilai rata-rata 3,35 atau sebesar 84,7% dengan kategori “sangat layak”. Sementara itu, berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli media terkait aspek desain tampilan memiliki rata-rata 2,4 atau sebesar 60% dengan kategori “layak”dan berdasarkan penilaian terkait aspek desain tampilan yang dilakukan oleh ahli media memiliki rata-rata 2,15 atau sebesar 54% dengan kategori “layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, adobe flash proCS5
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:36
Last Modified: 30 Jan 2019 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29103

Actions (login required)

View Item View Item