Kepariwisataan Pantai Baru dan Kontribusinya Terhadap Total Pendapatan Rumah Tangga Desa Poncosari Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul

Dewi, Kartika (2015) Kepariwisataan Pantai Baru dan Kontribusinya Terhadap Total Pendapatan Rumah Tangga Desa Poncosari Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Slideshow
Skripsi Full 11405241006.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kepariwisataan di Pantai Baru. (2) Faktor-faktor yang mendorong rumah tangga bekerja di sektor pariwisata. (3) Jenis pekerjaan rumah tangga di sektor pariwisata. (4) Jenis pekerjaan rumah tangga di sektor non pariwisata. (5) Pendapatan rumah tangga dari sektor pariwisata. (6) Pendapatan rumah tangga dari sektor non pariwisata. (7) Total pendapatan rumah tangga. (8) Kontribusi pendapatan dari sektor pariwisata terhadap total pendapatan rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif yang dilaksanakan di obyek pariwisata Pantai Baru, Desa Poncosari. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah rumah tangga yang kepala rumah tangga dan anggotanya terlibat di sektor pariwisata yaitu rumah tangga di Dusun Ngentak yang berjumlah 249 unit rumah tangga. Pengambilan sampel menggunakan teknik Insidental Sampling Quota. Jumlah sampel ada 67 unit rumah tangga. Metode pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pengolahan data menggunakan editing, koding, tabulasi. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu mengelompokkan data dalam tabel frekuensi lalu dipresentasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepariwisataan di Pantai Baru sudah baik dan layak untuk didatangi oleh wisatawan. (2) Faktor – faktor yang mendorong rumah tangga bekerja di sektor pariwisata adalah untuk menambah penghasilan, susah mencari pekerjaan, dan mengisi waktu luang. (3) Jenis pekerjaan di sektor parwisata antara lain: pemilik warung makan, pekerja warung makan, penjaga parkir, penjaga toilet, penjaga atraksi APV. (4) Jenis pekerjaan rumah tangga di sektor non pariwisata antara lain: petani, buruh tani, buruh serabutan, pedagang, wirausaha, peternak, karyawan, tambak, nelayan. (5) Pendapatan rumah tangga dari sektor pariwisata sebagian besar responden (88,2 persen) memiliki pendapatan kurang dari atau sama dengan Rp 1.900.000,00 dan rata-ratanya adalah Rp 1.316.044,00. (6) Pendapatan rumah tangga dari sektor non pariwisata sebagian besar responden (83,3 persen) memiliki pendapatan kurang dari atau sama dengan Rp 1.300.000,00 dan rata-ratanya adalah Rp 997.537,00. (7) Total pendapatan rumah tangga sebagian besar responden (74,6 persen) memiliki pendapatan rendah yaitu kurang dari atau sama dengan Rp 2.733.333,00 dan rata-ratanya adalah Rp 2.313.580,00. (8) Kontribusi pendapatan sektor pariwisata terhadap total pendapatan rumah tangga adalah 59,6 persen (sedang). Kata kunci: Pantai Baru, kontribusi, pendapatan, rumah tangga, pariwisata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 14 Jan 2016 00:42
Last Modified: 30 Jan 2019 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29097

Actions (login required)

View Item View Item