Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran IPS di SMP BOPKRI 1 Yogyakarta

Hermawan, Aditya (2015) Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran IPS di SMP BOPKRI 1 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Slideshow
SKRIPSI 11416241023.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP BOPKRI 1 Yogyakarta; (2) muatan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP BOPKRI 1 Yogyakarta; (3) faktor pendukung dan penghambat muatan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS. SMP BOPKRI 1 Yogyakarta merupakan sekolah dengan latar belakang siswa yang berbeda- beda, sehingga dapat dikaji secara mendalam mengenai nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Penelitian dilaksanakan pada bulan februari 2015 – Oktober 2015. Informan penelitian terdiri dari guru dan 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada: (1) Proses pembelajaran IPS bermuatan nilai-nilai multikultural di SMP BOPKRI 1 Yogyakarta diawali dengan perencanaan pembelajaran yang meliputi tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi yang terbuka, saling menghargai, serta sesuai dengan kondisi siswa yang beragam. Pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis muatan nilai-nilai multikultural yang bersifat terbuka, demokratis, dan berpusat pada siswa dengan menggunakan pendekatan teman sebaya oleh guru kepada siswa. Kemudian evaluasi pembelajaran mengarah kepada aspek afektif melalui pengamatan, tes, dan angket; (2) Nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP BOPKRI1 Yogyakarta meliputi kesetaraan, keadilan, dan toleransi. (3) Faktor pendukung antara lain: keberagaman siswa, iklim sekolah, dan materi IPS yang mengandung muatan nilai-nilai multikultural. Faktor penghambat yaitu: tidak semua materi IPS mengandung keberagaman, belum banyak media dalam pembelajaran IPS tentang keberagaman, minimnya tulisan-tulisan atau papan yang bertema keberagaman, dan masih ada beberapa siswa yang merasa minder karena perbedaan keyakinan dengan siswa yang lainnya Kata kunci: Nilai-nilai, Multikultural, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 14 Jan 2016 00:37
Last Modified: 30 Jan 2019 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29096

Actions (login required)

View Item View Item