IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN YANG DI KEMBANGKAN DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KURIKULUM 2013 DI SMA KABUPATEN SLEMAN

Sugiyantiningsih, Sri (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN YANG DI KEMBANGKAN DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KURIKULUM 2013 DI SMA KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sri Sugiyantiningsih.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara model pembelajaran yang dicantumkan oleh guru di dalam RPP dengan tuntutan model pembelajaran pada Kurikulum 2013, kesesuaian antara model pembelajaran yang nampak pada sintaks langkah pembelajaran dalam RPP dengan tuntutan model pembelajaran pada Kurikulum 2013, dan kesesuaian antara model pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP dengan implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Populasi yang diambil adalah 6 Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sleman yang sudah melakukan uji coba Kurikulum 2013. Sampel yang dipilih terdiri dari 3 Sekolah Menengah Atas Negeri dan diambil pada kelas XMIIA 1 dengan materi yang sama yaitu Bakteri. Teknik pengambilan sempel menggunakan Purposive sampling dengan pertimbangan sekolah yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman berdasarkan prestasi, sekolah yang sudah melakukan uji coba kurikulum 2013, dan kemudahan dalam memperoleh informasi. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari 2014- Maret 2015 dengan menggunkan teknik pengambilan data yaitu observasi, dokumntasi, dan wawancara. Hasil penelitian mendapatkan kesimpulan bahwa dalam pembuatan RPP ada 10% guru yang mencantumkan model pemebelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu guru di sekolah C dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, sedangkan 90% lainnya guru tidak mencantumkan model pembelajaran di dalam RPP yaitu guru di sekolah A dan B, di dalam RPP pada sintaks langkah kegiatan pembelajaran yang dikembangkan guru tidak sesuai dengan apa yang dituntut dalam kurikulum 2013 yang di mana tidak menjukan jenis model apa yang digunakan, yang terlihat dalam sintak langkah kegiatan pembelajaran pada RPP adalah hampir semuanya pendekatan scientific process, dalam implementasi proses pembelajaran di kelas, ditemukan 83,33% ketidaksesuaian implementasi proses pembelajaran di kelas dengan proses pembelajaran yang telah dirancang guru dalam RPP sedangkan terdapat 16,67% kesesuaian antara RPP dengan implementasinya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, kurikulum 2013
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29092

Actions (login required)

View Item View Item