KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI JENJANG KELAS

Hani, Ummi (2015) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU DARI JENJANG KELAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ummi Hani.docx

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif keterampilan proses sains siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta dalam Mata Pelajaran Biologi ditinjau dari jenjang kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei yang dilaksanakan pada bulan Desember 2014 hingga Maret 2015. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas X dan XI di sebelas SMA Negeri se-Kota Yogyakarta. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh 22 kelas dengan jumlah sampel 644 siswa. Variabel tergayut dalam penelitian ini adalah tingkat berpikir kreatif keterampilan proses sains dalam Mata Pelajaran Biologi dan variabel bebas yakni jenjang kelas serta aspek gender dan kefavoritan sekolah sebagai variabel penjelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif keterampilan proses sains. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Quest dan statistika deskriptif. Kemampuan berpikir kreatif keterampilan proses sains pada siswa SMA menunjukkan adanya perbedaan yakni secara keseluruhan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI lebih baik dibandingkan siswa kelas X. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan yang tergolong sulit oleh siswa X adalah keterampilan membuat inferensi, keterampilan menyeleksi prosedur, keterampilan melaksanakan investigasi, dan keterampilan melaporkan hasil investigasi, sedangkan siswa XI kesulitan dalam keterampilan melakukan pengamatan, keterampilan merekam data, keterampilan mengimplementasikan prosedur, keterampilan membuat prediksi keterampilan membuat inferensi, keterampilan merancang investigasi, dan keterampilan melaporkan hasil investigasi. Hasil rata-rata skor logit dan simpangan baku yang diperoleh siswa kelas X yakni -0,37 + 0,32 dan kelas XI yakni -0,33 + 0,30. Maka dapat disimpulkan tingkat berpikir kreatif keterampilan proses sains siswa kelas X dan kelas XI masih tergolong rendah. Kata kunci: Berpikir kreatif, keterampilan proses sains, jenjang kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif, keterampilan proses sains, jenjang kelas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:37
Last Modified: 30 Jan 2019 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29091

Actions (login required)

View Item View Item