PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

FAJAR MAWAN, SASMITO (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
APPLICATION_OF_COOPERATIVE_LEARNING_MODEL_OF_GROUP_INVESTIGATION_TO_IMPROVE_STUDENT_LEARNING_AND_ACHIEVEMENT_ON_ELECTRICITY_MOTOR_CYCLE_COURSE_AT_SMK_MUHAMMADIYAH_1_BAMBANGLIPURO.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata diklat kelistrikan sepeda motor siswa kelas XI B sepeda motor. Pembatasan materi yang dilakukan hanya sistem stater dan pengisian sepeda motor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), model pembelajaran yang dilakukan adalah metode kooperatif dengan Group Investigation. Sistematika penelitian yang dilakukan dengan 2 siklus yang setiap siklusnya berdurasi 4 x 45 menit. Subyek penelitian melibatkan siswa kelas XI B SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi pada saat pelaksanaan pembelajaran kooperatif Group Investigation. Langkah awal pembelajaran yang dilakukan adalah melakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pembagian kelompok secara heterogen dan materi diskusi yang di bagi menjadi 6 kelompok kecil. Langkah berikutnya melakukan diskusi antar kelompok dengan mempresentasikan hasil temuan dan investigasi dilapangan sesuai topik bahasan masing-masing kelompok. Hasil presentasi dan keaktifan siswa akan di nilai dengan mengobservasi pada saat pembelajaran berlangsung. Pada akhir siklus dilakukan test akhir untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan metode kooperatif model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, hal ini dapat di lihat pada proses pembelajaran yaitu aktivitas siswa di siklus I sebesar 19,25% dengan kategori rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 55,56% dengan kategori tinggi. Hasil prestasi siswa pada siklus I terdapat 21 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM, persentase 75% dengan nilai rata-rata 69,82 dan belum mencapai keberhasilan pembelajaran dalam penelitian yaitu 100% siswa mendapat nilai ≥ 70. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 25 % yaitu seluruh siswa berjumlah 28 orang memperoleh nilai sesuai KKM, persentase 100% dengan nilai rata-rata 77,14 dan sudah mencapai keberhasilan pembelajaran pada saat penelitian dilakukan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item