PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MENULIS TEKS CERPEN BERDASARKAN TEKNIK STORYBOARD UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI

Pradah Prasaja, FX. Dalu (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MENULIS TEKS CERPEN BERDASARKAN TEKNIK STORYBOARD UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fix.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan gambaran pembelajaran menulis cerpen di SMA serta mendeskripsikan manfaat buku teks pelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan, (2) mengembangkan bahan ajar modul menulis teks cerpen berdasarkan teknik storyboard untuk siswa SMA/MA kelas XI, dan (3) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar modul menulis teks cerpen berdasarkan teknik storyboard untuk siswa SMA/MA kelas XI. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan dari Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, pengembangan produk, uji validasi, revisi produk, dan uji coba produk. Data diperoleh dari telaah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia, wawancara, penyebaran angket/kuesioner, validasi produk, dan uji coba terbatas siswa. Data hasil telaah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia dan wawancara dianalisis dengan memilih hal-hal yang penting, dan menarik kesimpulan secara umum, sedangkan analisis angket, validasi produk, dan uji coba terbatas siswa langkah- langkahnya meliputi: mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif, tabulasi semua data yang diperoleh pada setiap aspek, menghitung skor rata-rata, dan mengubah skor rata-rata menjadi kategori. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, minat siswa dalam pembelajaran menulis cerpen masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang cenderung monoton. Buku teks pelajaran yang digunakan bermanfaat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama materi menulis teks cerpen. Namun, masih ada beberapa kelemahan di dalam buku teks pelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan. Kedua, produk yang dikembangkan berjudul Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Teknik Storyboard untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Modul dinilai kelayakannya berdasarkan aspek isi/materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Ketiga, modul pembelajaran menulis teks cerpen pada aspek isi/materi memperoleh skor rata-rata sebesar 4,16 dengan kategori “baik”, aspek penyajian memperoleh skor rata-rata sebesar 4,24 dengan kategori “sangat baik”, aspek bahasa memperoleh skor rata-rata sebesar 4,08 dengan kategori “baik”, dan aspek kegrafikan memperoleh skor rata-rata sebesar 4,36 dengan kategori “sangat baik”. Skor tersebut diakumulasikan dan menghasilkan skor rata-rata sebesar 4,21 dengan persentase kelayakan sebesar 84,2%. Jadi, modul Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Teknik Storyboard untuk Siswa SMA/MA Kelas XI sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar modul, menulis cerpen, teknik storyboard, siswa SMA/MA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:34
Last Modified: 30 Jan 2019 05:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29087

Actions (login required)

View Item View Item