ANALISIS KOMPETENSI DASAR PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X PADA KTSP DAN KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS

Nugroho, Faisal (2015) ANALISIS KOMPETENSI DASAR PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X PADA KTSP DAN KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Faisal Nugroho.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi macam keterampilan proses sains yang muncul dalam Kompetensi Dasar Biologi kelas X pada KTSP dan Kurikulum 2013 serta untuk mengetahui perbandingan kemunculan keterampilan proses sains dalam Kompetensi Dasar Biologi kelas X pada KTSP dan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif berupa analisis isi. Matode pengambilan data dilakukan dengan cara membandingan kemunculan keterampilan proses sains yang terdapat dalam Kompetensi Dasar Biologi pada KTSP dan Kurikulum 2013 kelas X SMA. Pertimbangan dalam memilih kelas X karena dalam Kurikulum 2013 kelas X SMA sudah dilakukan penjurusan antara IPA dan IPS, sedangkan dalam KTSP kelas X SMA belum dilakukan penjurusan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan Proses Sains yang muncul di dalam Kompetensi Dasar KTSP meliputi 38 keterampilan proses sains dasar dan 9 keterampilan proses sains terpadu. Dalam Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 keterampilan proses sains yang muncul meliputi 97 keterampilan proses sains dasar dan 84 keterampilan proses sains terpadu. Pada Kompetensi Dasar KTSP terdapat 2 keterampilan proses sains dasar yang tidak muncul yaitu melakukan pengukuran dan memprediksi, serta 5 keterampilan proses sains terpadu yang tidak muncul yaitu identifikasi variable, membuat grafik, mendeskripsikan hubungan antar variable, menyusun hipotesis, dan menetapkan variable operasional. (2) Perbandingan aspek keterampilan proses sains baik dasar maupun terpadu, Kurikulum 2013 lebih baik dibandingkan dengan Kurikulum KTSP. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan penyusunan kurikulum antara KTSP dengan Kurikulum 2013. Pada KTSP standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi sedangkan Kurikulum 2013 standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan, dan Mencipta. Proses penilaian kelulusan pada KTSP standar penilaiannya lebih dominan pada aspek pengetahuan sedangkan pada Kurikulum 2013 standar penilaian menggunakan penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.. Pada KTSP penilaian kelulusan lebih menekankan pada aspek pengetahuan sedangkan pada Kurikulum 2013 pada aspek kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:33
Last Modified: 30 Jan 2019 05:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29086

Actions (login required)

View Item View Item