Identifikasi Kerusakan Struktur Histologik Hepar Ikan Nila (Oreochromis niloticus, L) Kolam Fakultatif Balai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sewon Bantul

Primandaru, Andreas Jati (2015) Identifikasi Kerusakan Struktur Histologik Hepar Ikan Nila (Oreochromis niloticus, L) Kolam Fakultatif Balai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sewon Bantul. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Andreas Jati Primandaru.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi yang di lakukan di Balai IPAL Sewon Bantul dengan tujuan mengetahui ada dan tidaknya gejala tingkat sublethal ikan bioindikator air limbah kolam fakultatif pada jaringan organ hepar serta mengetahui jenis kerusakan struktur histologik hepar ikan nila yang terjadi. Populasi pada penelitian adalah ikan nila yang hidup di kolam fakultatif Balai IPAL Sewon. Sampel yang digunakan adalah organ hepar dari tiga ekor ikan nila yang diambil dari kolam fakultatif Balai IPAL Sewon. Metode penelitian ini dilakukan dengan identifikasi pengamatan penampang pada satu bidang pandang preparat yang di ambil menggunakan obtilab. Data penelitian merupakan data kualitatif yang di peroleh melalui pengambilan gambar struktur histologik hepar ikan nila yang hidup di kolam fakultatif Balai IPAL Sewon. Hasil penelitian berupa deskripsi hasil pengamatan struktur histologik hepar ikan nila kolam fakultatif Balai IPAL Sewon yang kemudian dibandingkan dengan data pendukung berupa struktur histologik hepar ikan nila yang hidup pada kolam tidak tercemar sebagai kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hepar ikan nila mengalami gangguan tingkat sublethal akibat paparan air limbah kolam fakultatif Balai IPAL Sewon, sedangkan hepar ikan nila kontrol tidak terjadi kerusakan. Jenis kerusakan struktur histologik hepar yang telah diidentifikasi antara lain piknosis, karyoreksis, dan karyolisis yang terjadi pada sel-sel sebagai unit penyusun jaringan hepar yang diamati.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ikan nila, air limbah dan gejala sublethal
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:32
Last Modified: 30 Jan 2019 05:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29085

Actions (login required)

View Item View Item