PENYUSUNAN APLIKASI EDUKASI BERBASIS ANDROID TENTANG PENYAKIT-PENYAKIT DISEBABKAN OLEH VIRUS SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN UNTUK SISWA SMA KELAS X

Yushinta, Soraida Afni (2015) PENYUSUNAN APLIKASI EDUKASI BERBASIS ANDROID TENTANG PENYAKIT-PENYAKIT DISEBABKAN OLEH VIRUS SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN UNTUK SISWA SMA KELAS X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Soraida Afni Yushinta.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi edukasi berbasis Android tentang penyakit- penyakit yang disebabkan oleh virus sebagai media pengayaan untuk siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang diadopsi dari Dick and Carry (1996). Tahap penelitian yang dilaksanakan terbatas pada tiga tahap, yaitu (1) Analisis (Analysis), (2) Desain (design), dan (3) Pengembangan (development). Media pengayaan ini berupa aplikasi edukasi berbasis android yang akan di review oleh 3 dosen ahli media, 3 dosen ahli materi, dan 3 guru biologi SMA. Tahap uji terbatas melibatkan 15 siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sewon. Instrumen penilaian berupa angket penilaian dianalisis secara dekriptif kuantitatif dengan melihat modus dari hasil penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas aplikasi edukasi berbasis Android tentang penyakit-penyakit disebabkan oleh virus sebagai media pengayaan menurut ahli media, ahli materi dan guru biologi berkategori baik. Menurut siswa media pengayaan ini mendapatkan respon positif sehingga media pengayaan ini layak untuk digunakan sebagai media pengayaan tentang penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus untuk siswa SMA kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media, pengayaan, penyakit, virus, aplikasi, Android
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 05:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29082

Actions (login required)

View Item View Item