Anisa Cony Puspitasari, Anisa (2016) UPAYA MEREDUKSI PERILAKU MENYONTEK MELALUI ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VII B SMPN 2 PATUK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Anisa Cony Puspitasari_11104244054 FIX.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reduksi perilaku menyontek siswa kelas VII B di SMP N 2 Patuk menggunakan assertive training. Penelitian ini menggunakanjenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMPN 2 Patuk yang berjumlah 30 siswa. Setiap siklusnya mengacu pada perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi,wawancara, dan skala perilaku menyontek. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan validitas constrak. Reliabilitas skala perilaku menyontek diuji menggunakan Alpha Crobach. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa assertive training sebagai teknik bimbingan di SMP dapat mereduksi perilaku menyontek siswa. Teknik assertive training sendiri terdiri dari pemahaman mengenai peerilaku menyontek, dampak dari perilaku menyontek, teknik assertive training, mengidentifikasi perilaku menyontek yang pernah dilakukan siswa, bermain peran, serta diskusi. Keberhasilan reduksi perilaku menyontek ini dapat dilihat dari hasil skala perilaku menyontek siswa dimana pada paska nilai rata-rata siswa 78,25 yang termasuk dalam kategori sedang, setelah dilaksanakannya siklus I nilai rata-rata siswa mash sedang akan tetapi mengalami reduksi yaitu 66,56 dengan rata-rata prosentase 15,04%, dan siklus II rata-rata sebesar 50,20 yang termasuk kedalam kategori rendah, dengan prosentase reduksi sebesar 20,69%. Penelitian dihentikan sampai siklus II karena sudah mencapai batas indicator, dimana sudah 75% siswa yang mengalami reduksi kedalam kategori rendah, dimana skor berada dibawh 60. Kata kunci: perilaku menyontek, assertive training, siswa SMP
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 11 Jan 2016 04:58 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29052 |
Actions (login required)
View Item |