PENGARUH METODE QUIZ TEAM TERHADAP MINAT BACA SISWA IPS KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN

Dian Anggita Putri, Dian (2015) PENGARUH METODE QUIZ TEAM TERHADAP MINAT BACA SISWA IPS KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Quiz Team terhadap minat baca siswa IPS kelas XI SMA Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seyegan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala minat baca dengan bentuk skala likert. Analisis data menggunakan uji normalitas model Lilliefors dan uji hipotesis menggunakan penghitungan SPSS 16 dengan independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa metode Quiz Team berpengaruh dalam meningkatkan minat baca siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Seyegan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga treatment, berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukan adanya perubahan. Dilihat hasil uji t test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada tingkat minat baca siswa melalui metode quiz team memberikan hasil t hitung = -3,326 dengan signifikansi p = 0,002. Karena p (0,002) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat baca siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa metode Quiz Team berpengaruh terhadap minat baca siswa yang ditunjukan dengan meningkatnya minat baca siswa kelas eksperimen. . Kata kunci : minat baca, metode quiz team

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 11 Jan 2016 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 05:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29050

Actions (login required)

View Item View Item