Anggita Pusparini, Sukma (2015) EFEKTIVITAS LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI 09404244010.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui: (1) efektivitas lesson study dalam meningkatkan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta; (2) efektivitas lesson study dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta; (3) perbedaan motivasi belajar ekonomi yang menggunakan lesson study dengan yang tidak menggunakan lesson study pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta; (4) perbedaan prestasi belajar ekonomi yang menggunakan lesson study dengan yang tidak menggunakan lesson study pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 (kelas kontrol) dan X IIS 2 (kelas eksperimen). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa lesson study efektif meningkatkan motivasi belajar dengan nilai peningkatan rata-rata sebesar 13,22% dan tingkat signifikansi (I-tailed) 0,001 atau <0,05 yang menunjukkan motivasi belajar akhir siswa lebih baik dari motivasi belajar awal pada kelas eksperimen. Pada hipotesis kedua menunjukkan bahwa lesson study efektif meningkatkan prestasi belajar dengan nilai peningkatan rata-rata sebesar 83,95% dengan tingkat signifikansi (I-tailed) 0,000 atau <0,05 dan thitung -17,681 yang menunjukkan nilai post-test lebih baik dari nilai post-test pada kelas eksperimen. Uji hipotesis ketiga motivasi akhir pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan t 0,005 atau <0,05 dan rata-rata 70,36 untuk kelas eksperimen, 64,50 untuk kelas kontrol. Pada uji hipotesis keempat prestasi belajar kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan t 0,000 atau <0,05 dan rata-rata kelas eksperimen 77,72, kelas kontrol 61,18.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson Study, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 11 Jan 2016 19:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29018 |
Actions (login required)
View Item |