PERAN RUMAH PINTAR PIJOENGAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI BIMBINGAN BELAJAR DI DESA SRIMARTANI BANTUL

Alif Widiantoro, Alif (2016) PERAN RUMAH PINTAR PIJOENGAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI BIMBINGAN BELAJAR DI DESA SRIMARTANI BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Alif Widiantoro_11102241029(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kegitan Rumah Pintar Pijoengan. 2) Mendeskripsikan kegiatan bimbingan belajar anak di Rumah Pintar Pijoengan dalam meningkatkan motivasi anak dalam belajar. 3) Mendeskripsikan peran Rumah Pintar Pijoengan dalam meningkatakan motivasi anak dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu pengurus Rumah Pintar Pijoengan, tutor dan peserta didik dikegiatan bimbingan belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Kegiatan di Rumah Pintar Pijoengan yang meliputi sentra baca dan buku, sentra pendidikan, sentra permainan edukatif, sentra panggung atau audio visual, sentra komputer, sentra kriya, sentra pertanian, sentra diklat, dan sentra unit layanan keliling. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian dan sebagai wadah aspirasi masyarakat dibidang pengetahuan dan keterampilan. 2) Kegiatan bimbingan belajar di Rumah Pintar Pijoengan merupakan proses pemberian bantuan kepada peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang optimal sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat yang dimiliki dengan dikembangkan melalui perencanaan, metode, kurikulum, media sarana dan prasaran belajar. 3) Peran Rumah Pintar Pijoengan dalam meningkatkan motivasi belajar dapat dilihat dari segi fungsi, tujuan, kontribusi dan faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam belajar belajar. Sedangkan faktor-faktor pendorong meningkatnya motivasi belajar dapat dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Sehingga melalui berbagai faktor tersebut Rumah Pintar Pijoegnan melalui kegiatan bimbingan belajar memberikan langkah solusi dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Kata Kunci: Peran, Rumah Pintar, Motivasi, Peserta Didik, Bimbingan Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 06 Jan 2016 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 05:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29010

Actions (login required)

View Item View Item