PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO

Titik, Anggraeni (2015) PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TITIK ANGGRAENI_09101244011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan kepala sekolah dalam manajemen sarana dan prasarana sekolah yang meliputi perencanaan pengadaan, penyaluran, pemeliharaan, dan pengendalian sarana dan prasarana di SMP Negeri se-Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah dua orang kepala sekolah, dua orang wakil kepala sekolah, dua orang komite sekolah, dua orang staf tata usaha, dan dua orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Peranan kepala sekolah di SMP N se-Kecamatan Panjatan sebagai manajer yaitu: (a) Menyusun perencanaan berdasarkan berbagai pertimbangan ketika melakukan pengadaan sarana dan prasarana. (b) Memberikan pengarahan sekaligus mengawasi ketika diadakan kegiatan penyaluran sarana prasarana sekolah. (c) Mengatur kegiatan pemeliharaan sarana prasarana. (d) Mengawasi pengelolaan sarana dan prasarana sekolah. Selanjutnya, peranan kepala sekolah sebagai administrator sarana dan prasarana pendidikan, yaitu kepala sekolah sebagai penanggung jawab segala kegiatan administrasi sarana dan prasarana pendidikan. (2) Faktor penghambat dalam manajemen sarana dan prasarana di SMP N se-kecamatan Panjatan adalah keterbatasan pada sumber dana dan sumber daya manusia sehingga menyebabkan sarana dan prasarana yang dimiliki kurang memadai dan perlu adanya pergantian dalam penggunaannya pada proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Jan 2016 03:32
Last Modified: 30 Jan 2019 05:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28998

Actions (login required)

View Item View Item