PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI TK NEGERI PEMBINA KALINEGORO DAN TK ABA IV JAYAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG

Tika Nur’Aini, Dewi (2015) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI TK NEGERI PEMBINA KALINEGORO DAN TK ABA IV JAYAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TIKA NUR'AINI DEWI_10101244036.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler di TK Negeri Pembina Kalinegoro dan TK ABA IV Jayan Borobudur Kabupaten Magelang ditinjau dari: 1) bentukbentuk partisipasi masyarakat; dan, 2) proses partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK N Pembina Kalinegoro dan TK ABA IV Jayan Borobudur Kabupaten Magelang. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah wali murid/orang tua siswa sebanyak 7 orang, kepala TK 1 orang dan guru sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari: 1) bentuk partisipasi masyarakat yang mencakup sumbangan pembiayaan melalui sumbangan wajib dan sumbangan sukarela, tenaga fisik melalui kepengurusan sub komite, anggota panitia kegiatan dan pendampingan siswa, material berupa kelengkapan alat pentas dan lomba dari orang tua siswa TK ABA IV Jayan dan material bangunan untuk perbaikan gedung dari orang tua siswa TK N Pembina, dan moral melalui komunikasi, motivasi, teguran dan penyebaran informasi. 2) proses partisipasi masyarakat yang ada terdiri dari perencanaan melalui sumbangan ide dan tidak melibatkan peran orang tua di dalamnya, pelaksanaan melalui proses pendampingan kegiatan berlangsung dan kegiatan perlombaan, monitoring dan evaluasi dilakukan di akhir kegiatan perlombaan dan selama proses kegiatan berlangsung. Evaluasi dilakukan oleh guru dan pengurus/sub komite.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Jan 2016 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 05:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28997

Actions (login required)

View Item View Item