Tera, Murtafi’ah (2015) MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Tera Murtafi'ah_11101241029.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen layanan khusus peserta didik di SD Muhammadiyah Suronatan, yang berfokus pada layanan BK dan UKS meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru BK, guru pengelola UKS, Kepala Sekolah, guru kelas IV, siswa, psikolog, serta dokter di sekolah. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) BK belum membuat rencana program yang disusun secara tertulis, namun kegiatan layanan bimbingan konseling tetap berjalan dengan kegiatan awal yang dilakukan guru BK adalah pendataan peserta didik yang membutuhkan bimbingan, sedangkan perencanaan UKS dilaksanakan pada rapat awal tahun ajaran baru bersama dengan rapat pleno sekolah. (2) Pelaksanaan kegiatan BK meliputi bimbingan sosial, bimbingan pribadi, bimbingan belajar, dan bimbingan karier. Kegiatan BK ini dilakukan oleh guru BK bekerjasama dengan psikolog dari Universitas Mercubuana. Pelaksanaan kegiatan UKS sesuai dengan Trias UKS yaitu a) pendidikan kesehatan yang diintegrasikan dengan tema yang yang berhubungan dengan kesehatan, pelatihan/lomba dokter kecil, serta kegiatan penyuluhan kesehatan. b) pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan peserta didik yang dilakukan oleh Petugas Puskesmas dan dokter dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah yang berjaga di sekolah. c) pembinaan lingkungan sekolah berupa piket setiap hari, pengontrolan makanan di kantin, pengelolaan sampah bekerja sama dengan Bank Sampah Kampung Suronatan. (3) Layanan BK tidak melakukan evaluasi perencanaan kegiatan. Evaluasi BK hanya meliputi pelaksanaan dengan melihat kesesuaian pemberian bimbingan kepada peserta didik dan melihat perkembangan peserta didik setelah mendapatkan bimbingan. Evaluasi perecanaan UKS dengan perbaikan program kegiatan UKS, sekolah juga harus mempersiapkan guru/tenaga kependidikan untuk memberikan bimbingan kegiatan UKS. Evaluasi pelaksanaan UKS melihat perubahan kepedulian peserta didik terhadap kesehatan, dan mengamati kegiatan UKS yang telah berjalan di sekolah, sedangkan guru/tenaga kependidikan dalam membantu pelaksanaan kegiatan UKS belum dievaluasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 04 Jan 2016 03:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28996 |
Actions (login required)
View Item |