DISIPLIN KERJA GURUSEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Siti, Masriyah (2015) DISIPLIN KERJA GURUSEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SITI MASRIYAH_10101244029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas yang ditinjau dari pelaksanaan tugas pokok guru dan pelaksanaan tata tertib sekolah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas dengan jumlah 4 sekolah dasar yang terdiri dari 2 sekolah dasar negeri dan 2 sekolah dasar swasta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di 4 sekolah dasar di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas yang berjumlah 34 guru dan 4 kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang digunakan sebagai teknik utama dan wawancara, observasi serta dokumentasi yang digunakan sebagai teknik pendukung. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Product Moment, dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach.Teknik analisis data diolah menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas dalam melaksanakan tugas pokok guru yang mencakup merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai dan mengevaluasi pembelajaran, serta membimbing dan melatih peserta didiktermasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 88,44 %, dan disiplin kerja guru dalam melaksanakan tata tertib sekolah yang mencakup jam mengajar, jam kerja, tugas piket, dan pemakaian seragam termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 88,52 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Jan 2016 03:00
Last Modified: 30 Jan 2019 05:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28993

Actions (login required)

View Item View Item