PENGAWASAN AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN BANTUL

Selfi Kusuma, Dewi (2015) PENGAWASAN AKADEMIK OLEH PENGAWAS SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Selfi Kusuma Dewi_10101244030.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas pengawasan: (1) perencanaan pembelajaran oleh pengawas Sekolah Dasar (SD); (2) pelaksanaan pembelajaran oleh pengawas SD; dan (3) evaluasi pembelajaran oleh pengawas SD se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengawas SD dengan jabatan pengawas madya se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 27 pengawas. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala penilaian yang memiliki 4 alternatif jawaban dan terdiri atas 50 butir. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Intensitas pengawasan perencanaan pembelajaran oleh pengawas SD dalam kategori intensif. Pengawasan yang paling intensif di Kecamatan Imogiri, sedangkan yang kurang intensif di Kecamatan Dlingo. Aspek yang paling intensif adalah penyusunan silabus dan RPP, sedangkan yang kurang intensif adalah pembinaan dalam penguasaan materi pembelajaran dan pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran. (2) Intensitas pengawasan pelaksanaan pembelajaran oleh pengawas SD dalam kategori intensif. Pengawasan yang paling intensif di Kecamatan Bantul, sedangkan yang kurang intensif di Kecamatan Sanden. Aspek yang paling intensif adalah pembinaan pada kegiatan inti pembelajaran, dan yang kurang intensif adalah kegiatan penutup pembelajaran. (3) Intensitas pengawasan evaluasi pembelajaran oleh pengawas sekolah dasar se- Kabupaten Bantul dalam kategori intensif. Pengawasan paling intensif di Kecamatan Imogiri, pengawasan yang belum intensif di Kecamatan Kasihan, Pandak, Piyungan, Banguntapan dan Dlingo. Aspek yang paling intensif adalah pembinaan penggunaan teknik penilaian yang sesuai dan pemeriksaan jawaban soal, sedangkan aspek yang belum intensif adalah pemilihan soal berdasarkan daya pembeda, tindak lanjut soal yang tidak valid, menentukan korelasi antar soal berdasarkan hasil penilaian dan mengidentifikasi tingkat variasi hasil penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Jan 2016 02:33
Last Modified: 30 Jan 2019 05:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28990

Actions (login required)

View Item View Item