PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA PADA SEKOLAH PENYELENGGARA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMP NEGERI 3 SLEMAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Riyes, Irasti (2015) PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA PADA SEKOLAH PENYELENGGARA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMP NEGERI 3 SLEMAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
RIYES IRASTI_11101241007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana olahraga pada sekolah penyelenggara kelas khusus olahraga di SMP Negeri 3 Sleman, meliputi: (1) Perencanaan; (2) Pengadaan; (3) Penyimpanan; (4) Inventarisasi; (5) Pendistribusian dan Pemanfaatan; (6) Pemeliharaan; dan (7) Penghapusan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah pengelola sarana dan prasarana olahraga, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana, dan Guru PJOK. Lokasi penelitian di SMP Negeri 3 Sleman. Teknik pengumpulan data dengan wawancara tidak terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian pengelolaan sarana dan prasarana olahraga pada sekolah penyelenggara kelas khusus olahraga (KKO) di SMP Negeri 3 Sleman menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan sarana dan prasarana olahraga dilakukan melalui rapat perencanaan, analisis kebutuhan, penentuan skala prioritas pengadaan, pendataan semua sarana dan prasarana olahraga yang telah ada, penyeleksian terhadap sarana dan prasarana olahraga yang masih dapat dimanfaatkan, adanya panitia pengadaan, dan melaksanakan pengadaan; (2) Pengadaan sarana dan prasarana olahraga dilakukan dengan cara pembelian langsung, mendapat bantuan dari Pemerintah, meminjam, dan menyewa; (3) Penyimpanan alat-alat olahraga sudah tertata dan tersistem terhadap alatalat olahraga persediaan, pemakaian rutin, dan yang rusak serta sekolah memiliki tempat penyimpanan yang cukup dan khusus untuk menyimpan semua alat-alat olahraga; (4) Inventarisasi terhadap sarana dan prasarana olahraga dilakukan dengan pendataan dan pembaharuan informasi sarana dan prasarana olahraga secara rutin, menggunakan buku inventarisasi khusus sarana dan prasarana olahraga per semester; (5) Pendistribusian sarana dan prasarana olahraga menggunakan pendistribusian langsung. Pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga dengan pengaturan jadwal penggunaan, dan buku peminjaman sarana dan prasarana olahraga; (6) Pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana olahraga dengan pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, dan memperhatikan cara penyimpanan; dan (7) Penghapusan terhadap sarana dan prasarana olahraga belum pernah dilaksanakan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Jan 2016 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 05:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28984

Actions (login required)

View Item View Item