KONDISI SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI TAMAN KANAKKANAK MASYITHOH BINA PUTRA 2 KECAMATAN NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2014/2015

Putri, Kurniawati (2015) KONDISI SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI TAMAN KANAKKANAK MASYITHOH BINA PUTRA 2 KECAMATAN NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
putri Kurniawati_07101244026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kondisi sarana prasarana pendidikan di Taman Kanak-kanak Masyithoh Bina Putra 2 Kecamatan Ngemplak tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, tidak menerangkan hubungan antar variabel. Data dihimpun menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengamati keadaan lahan bangunan dan sarana prasarana pendidikan, dokumentasi untuk menghimpun data statistik murid, guru dan sarana prasarana. Data dianalisis terutama secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bangunan ruang kelas yang dimiliki hanya empat ruang kelas dengan ukuran dua kelas 5x6m2 dan dua kelas 5x7m2 dengan jumlah murid 105 anak, jadi ruang kelas tidak cukup luas untuk berbagai kegiatan murid; (2) ruang kepala sekolah yang berukuran 2x3m2 di gunakan untuk aktivitas kepala sekolah dan ketatausahaan, sehingga terlampau sempit; (3) ruang guru yang sekaligus dijadikan ruang perpustakaan yang hanya berukuran 2x4m2 untuk lima guru dan melayani perpustakaan terlampau sempit; (4) gudang dengan ukuran 2x3m2 tidak cukup untuk menampung semua barang yang dimiliki yang relative banyak; (5) kamar mandi/WC anak hanya ada empat kamar mandi dengan ukuran 1x1.5m2 dan digunakan baik oleh murid TK maupun murid MI dan MTs jelas tidak cukup; (6) ruang UKS dengan ukuran 2x3m2 dengan jumlah siswa 105 tidak cukup untuk menampung ketika terdapat anak sakit lebih dari satu; (7) Bangunan ruang gedung tidak dapat diperluas lagi karena luas lahan hanya 3.000m2 yang sudah dipakai untuk bangunan gedung TK, MI dan MTs serta fasilitas masjid dan pondok pesantren yatim piatu dari yayasan; (8) Alat peraga pendidikan secara keseluruhan sudah cukup karena guru mampu menggunakan alat peraga pendidikan dengan maksimal walaupun dengan jumlah terbatas. Namun disisi lain, ada alat peraga di luar kelas dengan kondisi rusak (mangkuk putar) dan kurang baik (ayunan dan jungkat-jungkit).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Jan 2016 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 05:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28981

Actions (login required)

View Item View Item