Prastica Dwi, Anggara (2015) STUDI EKSPLORASI TENTANG PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Prastica Dwi Anggara_10101241017.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: (1) prestasi akademik dan non akademik peserta didik di SMP Negeri 2 Jatiroto; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik dan non akademik peserta didik di SMP Negeri 2 Jatiroto. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan peserta didik di SMP Negeri 2 Jatiroto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan pencermatan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Data diolah dengan tahapan pengorganisasian data, reduksi data, pengelompokan berdasarkan kategori, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) prestasi akademik di SMP Negeri 2 Jatiroto dilihat dari nilai UAN yang juga menjadi acuan peringkat sekolah, ulangan harian peserta didik saat mengikuti KBM, nilai ujian tengah semester, dan nilai-nilai ujian semester, dan juga berbagai macam perlombaan yang telah diikuti seperti lomba cerdas cermat, lomba siswa teladan serta Olimpiade Sains Nasional. (2) prestasi dalam bidang non akademik terwadahi dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. (3) prestasi akademik di SMP Negeri 2 Jatiroto difokuskan pada nilai ujian akhir nasional yang juga menjadi acuan peringkat sekolah. (4) prestasi non akademik yang menjadi unggulan sekolah berasal dari cabang olahraga bola basket yang pernah menjuarai pada tingkat karesidenan Surakarta. (5) nilai tertinggi UAN pada tahun ajaran 2010/2011 mencapai nilai rata-rata 9,3, pada tahun ajaran 2011/2012 mencapai nilai rata-rata 9,2, pada tahun ajaran 2012/2013 mencapai nilai rata-rata 9,2. (6) tim bola basket putra, yang terdiri dari 10 orang peserta didik menjadi juara pertama dalam ajang JRBL tingkat Surakarta. (7) rendahnya tingkat pendidikan orang tua dan kurangnya pengawasan orang tua berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran anak. (8) upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik seperti menambah jam belajar peserta didik, penanaman kedisiplinan, program belajar kelompok, home visit. (9) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik dan non akademik peserta didik meliputi pengembangan kurikulum sekolah, waktu belajar peserta didik, budaya sikap warga sekolah, kualitas guru atau tenaga pendidik dan sarana dan prasaran penunjang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 04 Jan 2016 02:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28980 |
Actions (login required)
View Item |