PEMANFAATAN MODAL SOSIAL DALAM MANAJEMEN SEKOLAH DI SMA ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

Nurina Putri, Utami (2015) PEMANFAATAN MODAL SOSIAL DALAM MANAJEMEN SEKOLAH DI SMA ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurina Putri Utami_11101241043.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) bentuk modal sosial, 2) penerapan manajemen sekolah, dan 3) pemanfaatan modal sosial dalam manajemen sekolah di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan bulan April s/d Mei 2015. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, perwakilan guru, dan perwakilan komite SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SMA IT Ihsanul Fikri memiliki empat bentuk modal sosial yaitu kepercayaan, norma, jaringan, dan kharisma; 2) penerapan manajemen sekolah di sekolah ini ditandai dengan adanya otonomi, partisipasi, transparansi dan akuntabilitas, serta hasil belajar dan prestasi; 3) keempat bentuk modal sosial ini masing- masing dimanfaatkan dalam menjalankan kegiatan manajemen sekolah. SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid memupuk kepercayaan intern dan ekstern, memberlakukan norma formal dan informal, membentuk jaringan vertikal dan horizontal, serta memanfaatkan kharisma. Modal sosial yang ada ini kemudian dimanfaatkan dalam menjalankan manajemen sekolah berupa otonomi, partisipasi, transparansi dan akuntabilitas, serta pencetakan prestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Jan 2016 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 05:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28979

Actions (login required)

View Item View Item