KINERJA GURU SEKOLAH DASAR BERSERTIFIKAT PENDIDIK DALAM PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU DI KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA

Novita, Arumsari (2015) KINERJA GURU SEKOLAH DASAR BERSERTIFIKAT PENDIDIK DALAM PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU DI KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Novita Arumsari_10101241024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru sekolah dasar bersertifikat pendidik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi: (1) guru sebagai pengajar; (2) guru sebagai pembimbing, dan (3) guru sebagai evaluator. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar bersertifikat pendidik di Kecamatan Mantrijeron. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket tertutup dengan jenis instrument skala. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang disajikan dalam teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Sekolah dasar yang diteliti berjumlah sembilan (9) sekolah dengan 63 guru bersertifikat pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sekolah dasar bersertifikat pendidik di Kecamatan Mantrijeron memiliki kinerja sangat baik dengan persentase 81,19%. Dilihat dalam pelaksanaan tupoksi guru: (1) sebagai pengajar memiliki kinerja sangat baik dengan persentase 82,64%, tetapi dalam beberapa aspek terdapat kinerja yang kurang baik yakni sebanyak 35 guru (55,6%) guru bersertifikat pendidik tidak pernah melakukan penelitian, dan aspek pengalokasian pembelajaran tergolong dalam kategori kurang baik dengan persentase kinerja sebesar 54,2%, (2) sebagai pembimbing memiliki kinerja baik dengan persentase 78,35% dan (3) sebagai evaluator memiliki kinerja sangat baik dengan persentase 82,56%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Jan 2016 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 05:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28974

Actions (login required)

View Item View Item