UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA

Marzuqi, Isnaeni (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Isnaeni Marzuqi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pengukuran mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode permainan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas 1 SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian yang aka dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Model penelitiannya adalah model spiral Kemmis dan Mc Taggert (Pardjono, 2007: 22-23), yaitu berupa perangkat-perangkat atau uraian-uraian dengan satu perangkat yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 25 siswa kelas 1 SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan pengukuran mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rerata post-test siklus I sebesar 76,88 menjadi 83,72 pada siklus II. Hasil observasi partisipasi siswa menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 16,5 menjadi 19,9 pada siklus II. Kata-kata Kunci : metode permainan, siswa kelas 1 SD Nahdlatul Ulama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Dec 2015 05:34
Last Modified: 30 Jan 2019 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28968

Actions (login required)

View Item View Item