EKO BANGUN, ROHMAN (2011) PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF PADA PEMBELAJARAN PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR DI SMK MUHAMMADIYAH PEKALONGAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
THE_INFLUENCE_OF_LEARNING-MEDIA_VARIATIONS_ON_STUDENTS�%80%99_MOTIVATION_AND_ACHIEVEMENT_IN_THE_10th_GRADE_OF_THE_MECHANICAL_AND_AUTOMOTIVE_ENGINEERING_CLASS_IN_SMK_MUHAMMADIYAH,_PEKALONGAN.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan variasi media pembelajaran dengan kelas yang tidak menggunakan variasi media pembelajaran; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan variasi media pembelajaran dengan kelas yang tidak menggunakan variasi media pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah Pekalongan tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas (72 siswa). Semua populasi di atas menjadi subjek penelitian dengan pertimbangan jumlah populasi kurang dari 100 orang, sehingga memungkinkan dilakukan penelitian populasi. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan angket dan soal test. Untuk mengetahui validitas isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruk menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan korelasi biserial. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Chronbach, dengan koefisien reliabilitas angket sebesar 0,955 dan reliabilitas tes sebesar 0,798. Prasyarat Normalitas data menggunakan rumus Kolomogorov Smirnov dan Homogenitas dihitung menggunakan rumus One-Way Anova. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial parametris yaitu Independent Sample T-Test dengan bantuan komputer program SPSS 19 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa yang menggunakan variasi media lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan variasi media. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t, yaitu thit= 3,312 lebih besar dari ttt5%= 1,667 dan p= 0,001 lebih kecil dari α= 0,05; (2) Prestasi belajar siswa yang menggunakan variasi media lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan variasi media. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t, yaitu thit= 2,651 lebih besar dari ttt5% = 1,667 dan p= 0,010 lebih kecil dari α=0,05. Dengan demikian penggunaan variasi media pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 07 Aug 2012 01:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2895 |
Actions (login required)
View Item |