Pengembangan Model Modifikasi Permainan American Football untuk Masyarakat Indonesia

Setyawan, Feri budi (2015) Pengembangan Model Modifikasi Permainan American Football untuk Masyarakat Indonesia. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-feri-budi-setyawan-13711251008.swf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengembangkan model modifikasi permainan American Football untuk masyarakat Indonesia agar dapat diterima, dan (2) membantu pelatih dalam memberikan pembelajaran dasar permainan American Football dengan menggunakan produk yang dihasilkan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modifikasi permainan American Football untuk masyarakat Indonesia. Model ini dikembangkan berdasarkan pada kajian yang telah dilakukan. Penelitian ini mencakup tiga tahapan yaitu tahap validasi kesesuaian dan kualitas model oleh pakar dengan instrumen angket. Tahapan selanjutnya adalah uji coba model dalam skala kecil dengan subjek tim Garuda Indonesia dan yang terakhir uji coba skala luas, dengan subjek tim Garuda Indonesia. Jumlah sampel terlibat adalah 12 sampel untuk uji coba skala kecil dan 24 sampel untuk uji coba skla luas. Dalam kedua tahapan tersebut peneliti melakukan pengambilan vidio yang kemudian data tersebut ditransfer ke dalam CD. CD tersebut digunakan sebagai pedoman bagi para ahli untuk melakukan penilaian terhadap kualitas model permainan dalam uji coba di lapangan. Hasil penilaian dan masukan para pakar pada tahap uji coba skala kecil dijadikan bahan masukan dan perbaikan bagi peneliti untuk menyusun model yang akan diujicobakan dalam skala luas. Demikian juga hasil penilaian pada uji coba skala luas, masukan para ahli pada tahap ini digunakan sebagai bahan untuk penyempurnaan model. Sedangkan produk ahir model permainan American Football adalah buku peraturan permainan modifikasi permainan American Football yang disebut dengan Indonesian Football. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para ahli menyampaikan bahwa produk model modifikasi permainan yang dihasilkan sesuai diterapkan untuk masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari hasil jawaban penilaian dengan 16 pernyataan yang dijawab sesuai. Sedangkan pandangan dari sampel terlihat dari jawaban yang didapat dari 10 pertanyaan berdasarkan aspek yaitu kemudahan permainan 92 %, peraturan permainan 93 %, rasa suka terhadap permainan 97 % dan kerjasama 100%. Produk ini layak dan dapat digunakan untuk masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Permainan, Indonesian Football, Masyarakat Indonesia
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Dec 2015 04:08
Last Modified: 09 May 2019 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28946

Actions (login required)

View Item View Item