PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DI KELOMPOK B1 TK PEDAGOGIA GUGUS III KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA

Diyah, Haryanti (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DI KELOMPOK B1 TK PEDAGOGIA GUGUS III KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Diyah Haryanti_12111247006. doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui pendekatan whole language pada anak kelompok B1 di TK Pedagogia Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat kolaboratif. Desain penelitian ini mengadopsi model spiral dan pendapat Kemmis dan Mc. Taggart melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas berjumlah 19 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek penelitian adalah keterampilan membaca permulaan melalui pendekatan whole language. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan melalui pendekatan whole language mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya keterampilan membaca permulaan pada hasil observasi penelitian pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal anak yang berkriteria kurang mampu sebanyak 9 anak, pada kondisi siklus I mengalami peningkatan kriteria belum mampu sebanyak 10 anak, pada kondisi siklus II mengalami peningkatan kriteria mampu menjadi 15 anak. Adapun keterampilan membaca permulaan yang akan ditingkatkan adalah menyebut dan menunjuk simbol-simbol huruf, menyebut dan mengeja nama-nama benda yang mempunyai suara huruf awal sama, mengelompokkan kata-kata yang sejenis/sama, dan bercerita/membaca tentang gambar yang disediakan. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, pendekatan whole language, TK Kelompok B1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 30 Dec 2015 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28935

Actions (login required)

View Item View Item