PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN JOB RELEVANT INFORMATION SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada Dinas Pemerintah Kota Yogyakarta)

Gita Pramudya Saraswati, Gita (2015) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN JOB RELEVANT INFORMATION SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada Dinas Pemerintah Kota Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan kontingensi dengan variabel moderating. Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Pertama, bertujuan untuk membuktikan pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial. Kedua, bertujuan untuk membuktikan apakah job relevant information memperkuat hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei menggunakan kuesioner. Populasi dan sampel penelitian ini adalah manajer pada dinas pemerintah Kota Yogyakarta yang ikut berpartisipasi dalam penyusunan anggaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Jumlah populasi dan sampel sebanyak 155 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Moderating Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Hal ini terbukti dari hasil regresi yaitu nilai koefisien regresi sebesar 2.037 dan nilai thitung > ttabel sebesar 7.321 > 1.975. Berdasarkan kriteria variabel moderating dari hasil MRA, job relevant information dalam penelitian ini bukan merupakan variabel moderating karena nilai koefisien partisipasi penyusunan anggaran 1,577 dengan signifikansi 0,282. Variabel job relevant information memberikan nilai koefisien 0,885 dengan signifikansi 0,308. Variabel moderating M (interaksi antara Partisipasi dan Job Relevant Information) memberikan nilai koefisien 0,002 dengan signifikansi 0,972. Job relevant information tidak memperkuat hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial karena dilihat dari hasil uji t dan uji anova setelah memasukkan variabel interaksi, diketahui bahwa probabilitas signifikansi di atas 0,05 adalah tidak signifikan. Kata kunci: Kinerja Manajerial, Job Relevant Information, Partisipasi Penyusunan Anggaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Dec 2015 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28934

Actions (login required)

View Item View Item