UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS (MATERI PERMASALAHAN SOSIAL DI DAERAHNYA) SISWA KELAS IV DENGAN MEDIA GAMBAR PUZZLE DI SDN SINDUADI 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Saputra, Wahyu Aji (2015) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS (MATERI PERMASALAHAN SOSIAL DI DAERAHNYA) SISWA KELAS IV DENGAN MEDIA GAMBAR PUZZLE DI SDN SINDUADI 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wahyu Aji Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (materi permasalahan sosial di daerahnya) dengan media gambar puzzle di SDN Sinduadi 1 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sinduadi 1 Sleman tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan McTaggart. Metode pengumpulan data menggunakan 1) observasi, dan 2) angket. Teknik penentuan kualitas instrumen menggunakan expert judgement atau pendapat para ahli. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan yang digunakan apabila 75% siswa memiliki minat belajar dengan kategori minimal baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dapat meningkat dengan adanya penggunaan media gambar puzzle. Persentase jumlah siswa yang memperoleh nilai minat belajar siswa masuk kriteria minimal baik dan tuntas pada kondisi awal sebanyak 12 siswa atau 41,38%, pada siklus I sebanyak 19 siswa atau 65,52% dan pada siklus II sebanyak 25 siswa atau 86,21%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar puzzle dapat mengajak siswa untuk belajar sambil bermain secara berkelompok sehingga media ini sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV Sekolah Dasar yang cenderung gemar membentuk kelompok-kelompok bermain. Dengan demikian, pembelajaran IPS menjadi lebih menyenangkan dan materi yang permasalahan sosial yang cenderung bersifat abstrak lebih mudah dipahami oleh siswa dengan bantuan gambar puzzle. Kata kunci: minat belajar, media gambar puzzle, penelitian tindakan kelas (PTK)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Dec 2015 01:57
Last Modified: 29 Dec 2015 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28933

Actions (login required)

View Item View Item