Eka, Sulistiyaningsih (2011) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN MODEL BELAJAR AKTIF TIPE TEAM QUIZ PADA MATA DIKLAT ALAT UKUR KELAS X OC SMK NEGERI 1 MAGELANG TAHUN 2010/2011. S1 thesis, UNY.
|
Text
PENINGKATAN_KUALITAS_PEMBELAJARAN_DENGAN_MODEL_BELAJAR_AKTIF.pdf Download (157MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X OC SMK Negeri 1 Magelang tahun 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X OC SMK Negeri 1 Magelang dengan model belajar aktif tipe team quiz, danmeningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas X OC SMK Negeri 1 Magelang tahun 2010/2011 pada mata diklat alat ukur dengan menggunakan model belajar aktif tipe team quiz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, 4 tahap dari siklus terdiri dari: a) Perencanaan (Planning), b) Pelaksanaan (action), c) Pengumpulan data (Observing), d) Menganalisis data atau informasi untuk memutuskan sejauh mana kelebihan atau kelemahan tindakan tersebut (reflecting). Pada siklus I terdiri dari beberapa tahap yang meliputi: a) Perencanaan tindakan I, b) Tindakan I, c) Observasi I, d) Refleksi I. Pada siklus II juga terdiri dari beberapa tahap pelaksanaan seperti siklus I yang meliputi: a) Perencanaan tindakan II, b) Tindakan II, c) Observasi II, d) Analisis dan refleksi II. Dalam pengumpulan data menggunakan instrument, instrument yang digunakan meliputi beberapa jenis yaitu: a) Metode observasi, b) Metode tes prestasi, c) Dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan instrumen pada siklus I menunjukkan beberapa hasil yang meliputi: 1) Rata-rata aktivitas positif siswa sebanyak 38,675%, 2) Rata-rata aktivitas negatif siswa sebanyak 9,98%, 3) Jumlah nilai siswa yang di atas rata-rata sebanyak 44,4% dari total siswa. Hasil penelitian dari siklus II meliputi: 1) Aktivitas positif siswa, 2) Aktivitas negative, 3) Prestasi siswa. Pada siklus II hasil penelitiannya mengalami kenaikan. Kenaikan hasil penelitiannya adalah: 1) Aktivitas positif siswa yang meliputi memperhatikan petunjuk guru sebanyak 77,7%, siswa yang mencatat informasi dari guru sebanyak 61,1%, dan 36,1% siswa menjawab pertanyaan; 2)Aktivitas negatif siswa turun dari 9,98% menjadi 5,5% dari siswa yang membuat gaduh, dan 2,7% siswa yang beramain sendiri; d) Prestasi siswa yang meliputi nilai posttest rata-rata dari siklus I 6,84 (16 siswa) menjadi 82,33 (36 siswa) sebanyak 36 siswa yang mendapat nilai di atas rata-rata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 07 Aug 2012 01:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2893 |
Actions (login required)
View Item |