HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Iriena Nurfadhilah, Iriena (2015) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI IRIENA NURFADHILAH 11104244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan (1) kecerdasan emosional dengan interaksi sosial di sekolah, (2) keterampilan interpersonal dengan interaksi sosial di sekolah, dan (3) kecerdasan emosional dan keterampilan interpersonal dengan interaksi sosial di sekolah pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Seyegan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Seyegan dengan populasi sebesar 399 siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 120 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala, yaitu skala kecerdasan emosional, keterampilan interpersonal dan interaksi sosial di sekolah. Validitas instrumen menggunakan expert jugdement dan uji coba instrumen dengan penentuan gugur atau tidaknya item dengan rumus product moment. Reliabilitas instrumen diukur menggunakan alpha cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,9 pada skala kecerdasan emosional, 0,882 pada skala keterampilan interpersonal dan 0,877 pada skala interaksi sosial di sekolah. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan (1) kecerdasan emosional dengan interaksi sosial di sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,416, (2) keterampilan interpersonal dengan interaksi sosial di sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,656, dan (3) kecerdasan emosional dan keterampilan interpersonal dengan interaksi sosial di sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,657. Pada penelitian ini kecerdasan emosional dan keterampilan interpersonal memberikan kontribusi pada interaksi sosial di sekolah sebesar 43,1 %. Kata kunci: kecerdasan emosional, keterampilan interpersonal, interaksi sosial di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 28 Dec 2015 09:19
Last Modified: 30 Jan 2019 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28926

Actions (login required)

View Item View Item