UPAYA MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MELALUI SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Hesti Nurul Khotimah, Hesti (2015) UPAYA MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MELALUI SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI HESTI NURUL KHOTIMAH_11104244022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena adanya perilaku agresif pada siswa kelas VII C SMP Negeri 14 Yogyakarta. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku agresif melalui teknik sosiodrama pada siswa kelas VII C SMP Negeri 14 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alur putar spiral Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam bimbingan konseling kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan subyek penelitian 10 orang siswa kelas VII C yang berperilaku agresif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 3 siklus dan 2 kali pertemuan. Validitas instrumen penelitian ini menggunakan validitas isi (professional judgement). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan angket perilaku agresif dan pedoman observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan teknik sosiodrama dapat mengurangi perilaku agresif pada siswa kelas VII C SMP Negeri 14 Yogyakarta. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang telah mencapai kriteria 30% siswa memiliki tingkat kategori rendah. Prosentase pada pra tindakan kriteria perilaku agresif sedang 90% dan rendah 10%. Pada Siklus I prosentase belum mengalami penurunan. Pada Siklus II prosentase mengalami penurunan menghasilkan kriteria perilaku agresif sedang 70% rendah 20% dan tanpa keterangan 10%. Pada Siklus III prosentase mengalami penurunan menghasilkan kriteria perilaku agresif sedang 60% rendah 30% dan tanpa keterangan 10%. Melalui sosiodrama siswa secara kognitif, afektif dan psikomotorik siswa mampu memahami perilaku agresif, belajar empati, menanamkan nilai-nilai dari naskah drama dan memiliki model respon positif untuk mengurangi perilaku agresif. Selain itu, sosiodrama mengarahkan siswa mempraktekkan perilaku positif di kehidupan nyatanya. Kata kunci: perilaku agresif, teknik sosiodrama, siswa sekolah menengah pertama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 28 Dec 2015 09:12
Last Modified: 30 Jan 2019 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28925

Actions (login required)

View Item View Item