PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B TK PKK PRAWIROTAMAN YOGYAKARTA

Elisabeth Ria, Ade Lina (2015) PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK DI SEKOLAH MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B TK PKK PRAWIROTAMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Elisabeth Ria Ade Lina_11111244027 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian melalui metode bermain peran di Kelompok B TK PKK Prawirotaman Yogyakarta. Metode bermain peran merupakan metode bermain pura-pura memerankan tokoh tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua Siklus. Subjek penelitian ini adalah 18 anak kelompok B TK PKK Prawirotaman yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan alat observasi yang digunakan berupa lembar observasi (checklist). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak meningkat melalui metode bermain peran. Metode bermain peran dalam penelitian ini yaitu anak-anak akan memerankan tokoh-tokoh yang berperilaku mandiri. Anak melakukan sendiri, guru mengajak anak melakukan refleksi, dan menyampaikan pesan-pesan dari bermain peran yang sudah dilaksanakan. Berdasarkan pengamatan sebelum tindakan, sebagian besar kemandirian anak berada pada kriteria Belum Berkembang (BB) yaitu 61,11%, dan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) belum ada. Pasca Siklus I sebagian besar kemandirian anak berada pada kriteria Mulai Berkembang (MB) yaitu 66,67%, dan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) belum ada. Pasca Siklus II semua anak 100% berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Kata kunci: kemandirian, anak, bermain peran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Dec 2015 08:29
Last Modified: 30 Jan 2019 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28923

Actions (login required)

View Item View Item