Ririn Octavianis, Sari (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF ABACADA CERDAS BELAJAR BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK ABA KARANGKAJEN. S1 thesis, PAUD.
Text
RIRIN OCTAVIANIS SARI_11111244025.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media CD Interaktif Abacada Cerdas Belajar Baca terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK ABA Karangkajen. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK ABA Karangkajen dengan jumlah 14 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca permulaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik parametris, yaitu menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media CD Interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK ABA Karangkajen, yang ditunjukkan dengan hasil post test lebih tinggi dari pre test. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan thitung =12,769. Oleh karena thitung =12,769 > ttabel = 2,16, artinya menerima hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara penggunaan media CD interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK ABA Karangkajen. Anak dapat membaca huruf, suku kata, dan kata/ langkah-langkah pembelajarannya adalah: 1) anak dibimbing mengoperasikan CD secara individual selama ±4 menit. Anak dibimbing memilih kata yang sesuai dengan gambar; 2) anak mengeja huruf di layar; 3) anak mengarahkan kursor ke arah kata yang dipilih dan menggesernya ke gambar. Kata kunci: CD interaktif, membaca permulaan, anak usia dini
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 28 Dec 2015 08:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28922 |
Actions (login required)
View Item |