Arum Novita, Sari (2015) PENINGKATAN PERILAKU MORAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK KELOMPOK B RA HARAPAN MULIA DI KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PAUD.
Text
ARUM NOVITASARI_11111241010.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku moral melalui permainan tradisional pada anak Kelompok B RA Harapan Mulia di Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian anak Kelompok B yang berjumlah 10 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan melalui permainan tradisional dengan model penelitian Hopkins. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi. Dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Adapun proses pembelajaran untuk meningkatkan perilaku moral melalui permainan tradisional adalah dengan mempersiapkan rencana kegiatan, memberikan penjelasan dan tata cara bermain serta memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain Trim-triman, Jamuran dan Dhingklik OglakAglik di kegiatan inti, dan melakukan evaluasi di akhir kegiatan. Ketika bermain anak-anak diberi kesempatan untuk menentukan kesepakatan dan keputusan dalam bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku moral anak pada pra tindakan sampai siklus I meningkat 22,6% dan peningkatan pada siklus I sampai II meningkat sebesar 29,4%. Dari data menunjukkan bahwa perilaku moral anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain permainan tradisional. Kata kunci: perilaku moral, permainan tradisional, anak kelompok b
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 28 Dec 2015 07:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28921 |
Actions (login required)
View Item |