PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PKK GEDONGKIWO MANTRIJERON YOGYAKARTA

Citra, Ihtiar (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PKK GEDONGKIWO MANTRIJERON YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
CITRA IHTIAR_11111241046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan menyimak harus dikuasai oleh anak sebagai dasar keterampilan berbahasa yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak melalui metode bercerita dengan gambar pada anak Kelompok A di TK PKK Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian sebanyak 17 anak, yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Objek penelitian adalah keterampilan menyimak cerita melalui metode bercerita dengan gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila rata-rata kelas keterampilan menyimak anak telah mencapai persentase sebesar ≥80%. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari adanya peningkatan persentase rata-rata kelas keterampilan menyimak pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil persentase saat pelaksanaan pratindakan yaitu 46,31% yang tergolong pada kriteria mulai berkembang. Pada Siklus I, rata-rata persentase sebesar 57,22% yang termasuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan dan pada Siklus II, rata-rata persentase menunjukkan peningkatan yaitu 81,36% yang termasuk dalam kriteria berkembang sangat baik.Berdasarkan perolehan data, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak pada anak Kelompok A di TK PKK Gedongkiwo mengalami peningkatan mencapai indikator yang diinginkan yaitu ≥80%. Adapun proses pembelajarannya dengan menggunakan isi cerita dan gambar yang lebih menarik bagi anak, memberikan kesempatan anak menyimak dengan rileks, memberi kesempatan untuk menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri, dan mengungkapkan pendapat tentang cerita. Kata kunci: keterampilan menyimak, metode bercerita dengan gambar, TK Kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Dec 2015 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28920

Actions (login required)

View Item View Item