PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI KEGIATAN DI LUAR KELAS DI KELOMPOK B TK MASYITHOH GREGES DONOTIRTO KRETEK BANTUL

Alfiana, Rinawati (2015) PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI KEGIATAN DI LUAR KELAS DI KELOMPOK B TK MASYITHOH GREGES DONOTIRTO KRETEK BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Alfiana Rinawati_11111244033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian melalui kegiatan di luar kelas di Taman Kanak-kanak. Kegiatan di luar kelas merupakan salah satu bentuk pembelajaran di luar kelas yang dapat mendukung anak bertindak aktif dan mengeksplorasi kemandiriannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 Siklus mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Masing-masing Siklus dalam tindakan dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak- anak kelompok usia 5-6 tahun di TK Masyithoh Greges yang berjumlah 24 anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak dapat meningkat melalui kegiatan di luar kelas. Kondisi awal kemandirian anak sebelum tindakan sebagian besar pada kriteria mulai berkembang. Setelah dilaksanakan tindakan Siklus ke I, kemandirian anak meningkat menjadi 50% pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan setelah Siklus II mencapai 78,3% pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) atau mencapai indiator keberhasilan. Kemandirian anak dalam penelitian ini meliputi indikator tidak bergantung pada orang lain, mempunyai rasa percaya diri, mampu menyelesaikan tugas dengan baik, memiliki inisiatif dan dapat memenuhi kebutuhan dirinya di sekolah. Kegiatan luar kelas yang dilakukan antara lain 1) penugasan di luar ruangan, 2) kegiatan eksplorasi lingkungan sekitar, dan 3) permainan. Guru harus memberi kesempatan kepada anak dengan mengoptimalkan kegiatan di luar kelas atau variasi kegiatan lain untuk meningkatkan kemandirian. Kata kunci: kemandirian anak, kegiatan di luar kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Dec 2015 07:44
Last Modified: 30 Jan 2019 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28919

Actions (login required)

View Item View Item