PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI CEPIT BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Masus, Sesri Yunita Aplonia (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI CEPIT BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Sesri Yunita Aplonia Masus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan Pendekatan PAKEM kelas IV SD Negeri Cepit, Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri Cepit yang berjumlah 20 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan skala keaktifan. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan PAKEM dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan didasarkan pada hasil pra tindakan yang menunjukkan siswa belum terlihat aktif dalam pembelajaran. Pada siklus I, ada beberapa siswa sudah mulai terlihat aktif dalam pembelajaran, seperti siswa memperhatikan guru saat menjelaskan materi, siswa berani bertanya apabila tidak mengerti, dan memberikan pendapat dalam diskusi kelompok. Pada siklus II, peningkatan lebih maksimal, semakin banyak siswa yang tidak ragu untuk bertanya, mengemukakan pendapat, menjawab pertanyaan dari guru maupun siswa, dan siswa sudah aktif dalam bekerja kelompok. Peningkatan juga dapat dilihat dari persentase keaktifan belajar siswa. Peresentase skala keaktifan belajar siswa siklus I sebesar 68,75% dan siklus II sebesar 75,25%. Sehingga peningkatan skala keaktifan belajar siswa pada siklus I dan siklus II diperesentasikan sebesar 6,5%. Dengan demikian Pendekatan PAKEM dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata kunci: keaktifan belajar siswa, pendekatan PAKEM, siswa kelas IV

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Dec 2015 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 05:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28914

Actions (login required)

View Item View Item