HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS V SDN JARAKAN KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Kuanaben, Yublina (2015) HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS V SDN JARAKAN KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yublina Kuanaben.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca dengan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas V SDN Jarakan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Jarakan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul yang berjumlah 91 siswa. Jumlah sampel diambil secara random sebanyak 50 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana, sebelumnya dilakukan uji asumsi meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukan deskripsi data dari masing-masing variabel sebagai berikut. Variabel minat membaca skor terendah 79, skor tertinggi 129, mean 100,86, median 103,00, mode 99, standar deviasi 11,221 dan varian 125,911. Sedangkan deskripsi data variabel kemampuan menulis karangan adalah skor terendah 67, skor tertinggi 90, mean 76,24, median 77,0, mode 80, standar deviasi 5,520 dan varian 30,470. Berdasarkan deskripsi data hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis karangan dengan sumbangan sebesar 9,9%. Kata Kunci: minat membaca, kemampuan menulis karangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Dec 2015 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 05:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28913

Actions (login required)

View Item View Item